Permulaan selalu diawali kesulitan

Kebiasaan yang baik dan buruk itu terbentuk dari sikap kita pertama kali. Katanya sih, yang pertama

selalu yang paling berkesan. Ini juga berlaku pada kebiasaan kita.

Prinsip kelembamam menyampaikan kepada kita bahwa suatu benda yang memiliki massa akan selalu cenderung untuk mempertahankan keadaan semula. Manusia pun sama, sama-sama rentan terhadap perubahan dan cenderung untuk mempertahankan kondisi semula. Maka perlu gaya dari luar agar kondisi semula dapat berubah.
Ibarat kereta yang akan bergerak. Untuk pertama kalinya membuat kereta bergerak dibutuhkan gaya yang besar, itupun perlahan-lahan, hingga roda bisa bergerak dengan kecepatan stabil. Tetapi setelah kereta bergerak, maka gaya yang diperlukan untuk kereta itu tetap berjalan sangat sedikit dibanding dengan pertama kali. Saya analogikan seperti ini supaya dapat memahami kalimat pada paragraf awal.
Seringkali kita dipaksa melakukan aktivitas tertentu pada awalnya sebelum kita menikmatinya. Oleh karenanya kita persiapkan diri kita dengan men-setting agar kita harus dan terbiasa dengan keadaan dipaksa melakukan sebuah aktivitas. Lama kelamaan kebiasaan itu akan kita nikmati.
Tak berbeda dengan ibadah yang merupakan perintah utama dari Allah SWT. Banyak sekali godaan, rintangan yang menemui kita untuk melaksanakan ibadah. Tidak hanya memahami konteks ibadah hanya merupakan perintahNya saja. Biasakan diri kita untuk terbiasa dengan rutinitas, meskipun itu terpaksa lama kelamaan kita akan memahami bahwa ibadah tidak hanya kewajiban semata, tetapi merupakan sebuah kebutuhan manusia. Banyak hikmah dan nilai-nilai yang luhur yang terkandung dalam ibadah.Tapi percayalah, tak ada yang tak mungkin kita lewati, semua butuh waktu dan proses. yang diperlukan hanya tetap sabar dan terus berikhtiar.

About Abdulloh Aziz

Penulis adalah seorang yang menyukai hal-hal baru yang unik, menarik. Menulis adalah salah satu hobi yang dijalani, karena dengan menulis walaupun diri mati tetapi akan tetap abadi.

View all posts by Abdulloh Aziz →

14 Comments on “Permulaan selalu diawali kesulitan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *